Latar belakang dari penelitian ini adalah Perlunya peningkatan Kualitas pelayanan aspirasi public dan kepercayaan Masyarakat Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini dilakukan agar kepuasan Masyarakat menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini mengukur pengaruh dari Kualitas pelayanan aspirasi public dan kepercayaan Masyarakat secara simultan dan parsial terhadap kepuasan Masyarakat. Serta mengukur variable manakah yang dominan terhadap keuasan Masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan responden 50 orang. Penelitian ini dalam pengolahan datanya menggunakan software spps.Hasil dan pembahasan Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasaan masyarakat adalah kepercayaan masyarakat. Jika masyarakat sudah memiliki rasa kepercayaan yang tinggi kepada sekretariat Kabupaten Tanah Bumbu maka bagaimanapun pelayanan yang diterima maka masyarakat akan merasa puas terhadap pelayanan tersebut. seberapa besarpun peningkatan kualitas pelayanan masyarakat jika tidak diimbangi dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat maka juga tidak akan meningkatkan kepuasaan masyarakat. Karena bagaiamanapun bagusnya kualitas pelayanan jika masyarakat sudah tidak memiliki rasa percaya maka tidak akan merasa puas. Kesimpulan dan saran Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan Publik dan Kepercayaan Masyarakat berpengaruh tidak signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap Kepuasan Masyarakat yang menyampaikan aspirasi pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Masyarakat yang menyampaikan aspirasi pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu adalah variabel Kepercayaan
Copyrights © 2024