Menulis arrtikel ilmiah merupakan salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah populer. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis artikel ilmah populer melalui model TGT. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-5. Teknik pengumpulan data dalah melalui tes dan nontes. Tes diambil dari hasil belajar peserta didik dan non tes adalah hasil observasi kegiatan proses pembelajaran guru dan peserta didik.  Secara umum hasil klasikal selalu menumbuhkan pada akhir siklus. Tahap awal pra sikluk ketuntasan klasikal kemampuan menulis artikel ilmiah populer yaitu sebesar 51,61%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 83,97% dan meningkat pada siklus II sebesar 96,77%. Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah poppuler pada tahap pra siklus, siklus I dan terus mengalami peningkatan pada siklus II di sebabkan karena peserta didik mulai terbiasa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Time Game Tournamen (TGT).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024