Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2024): Edisi Maret 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME GAME TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATERI ARTIKEL ILMIAH POPULER SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 1 KISARAN

Sapitri, Siti Khairia (Unknown)
Sudarti, Nila (Unknown)
Yuliana, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Menulis arrtikel ilmiah merupakan salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah populer. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis artikel ilmah populer melalui model TGT. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-5. Teknik pengumpulan data dalah melalui tes dan nontes. Tes diambil dari hasil belajar peserta didik dan non tes adalah hasil observasi kegiatan proses pembelajaran guru dan peserta didik.  Secara umum hasil klasikal selalu menumbuhkan pada akhir siklus. Tahap awal pra sikluk ketuntasan klasikal kemampuan menulis artikel ilmiah populer yaitu sebesar 51,61%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 83,97% dan meningkat pada siklus II sebesar 96,77%. Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah poppuler pada tahap pra siklus, siklus I dan terus mengalami peningkatan pada siklus II di sebabkan karena peserta didik mulai terbiasa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Time Game Tournamen (TGT).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...