Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gendis di Kelurahan Sari Rejo melalui cerita jenaka. Fokus utama penelitian ini untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang dihadapi anak berusia enam tahun, seperti tidak mengakui kesalahan, kurangnya sifat berbagi, dan kebiasaan mengejek teman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini 15 siswa PAUD Gendis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cerita jenaka dalam pembelajaran dapat meningkatkan jiwa sosial siswa. Pada siklus pertama, terlihat adanya peningkatan interaksi positif antar siswa, seperti saling membantu dan berbagi. Namun, masih terdapat beberapa siswa yang kurang responsif terhadap cerita jenaka. Pada siklus kedua, setelah dilakukan perbaikan dalam teknik penyampaian cerita dan melibatkan siswa lebih aktif, terjadi peningkatan signifikan dalam perilaku sosial siswa.
Copyrights © 2024