JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 7 No. 3 (2023): JATI Vol. 7 No. 3

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DENGAN MODEL MICROBLOGGING DI SMPN 1 LUBUK ALUNG

S Oktavia, Dinda (Unknown)
Zakir, Supratman (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Efriyanti, Liza (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Setelah wawancara, ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran IPA di SMPN 1 Lubuk Alung. Salah satunya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, yang mengakibatkan pembelajaran masih terpusat pada guru dan siswa merasa bosan dengan metode ceramah yang digunakan. Selain itu, guru belum memanfaatkan Canva dengan model Microblogging sebagai media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian dan pengembangan dilakukan dengan tujuan merancang media pembelajaran IPA kelas VIII menggunakan Canva dengan model Microblogging. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi IPA, serta menjadi alat yang valid, praktis, dan efisien dalam penyampaian materi, termasuk mengintegrasikan gambar dan kuis. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D) versi 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas dilakukan untuk mengevaluasi produk. Hasil uji validitas menunjukkan nilai rata-rata 0,74 (kategori valid). Uji praktikalitas oleh guru IPA memperoleh nilai rata-rata 0,83 (kategori praktis). Hasil uji efektivitas mencapai 0,96 (kategori sangat efektif). Dengan hasil positif ini, produk ini dianggap layak dan efektif sebagai media pembelajaran IPA di tingkat SMP

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...