JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 3 (2024): JATI Vol. 8 No. 3

MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN PELANGGAN MELALUI SISTEM AUTO ATTENDANT

Hadi, Solihul (Unknown)
Ramayanti, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Efesiensi dan kualitas layanan telepon pada PT Compnet memliki peran krusial dalam pelayanan klien, baik dalam Office Hours maupun Non-Office Hours. Masalah yang timbul pada penelitian ini terlatak pada pelayanan diluar jam kerja yang sering kali diabaikan karena absennya intervensi manusia, dimana akan berdampak negatif terhadap citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengakomodir panggilan yang dilakukan client ke arah system Auto Attendant, agar system menjawab panggilan secara otomatis. Metode pengembangan sistem ini melibatkan analisis Call Detail Record (CDR) dan hasil survei Surat Kepuasan Pelanggan (SKP) untuk mengidentifikasi kebutuhan klien dan tantangan yang dihadapi Compnet, desain antarmuka pengguna yang intuitif berdasarkan hasil analisa, dan implementasi algoritma pengenalan suara dengan tujuan mempermudah komunikasi pengguna dengan sistem. Hasil dari pengujian 1-4 pada sistem Auto Attendant ini mengonfirmasi bahwa installasi telah dilakukan dengan baik. Serta uji coba dengan dummy IP Phone pada pengujian 5 membuktikan bahwa sistem telah berfungsi sesuai dengan pengaturan yang dilakukan. Hal ini menunjukan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi penanganan panggilan dan pengurangan beban pekerjaan manual. Selain itu, penggunaan teknologi suara membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih positif dan meningkatkan citra perusahaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...