JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 3 (2024): JATI Vol. 8 No. 3

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MARKER BASED AUGMENTED REALITY

Indah Maryanti, Risti (Unknown)
Satrya Fajar Kusumah , Fitrah (Unknown)
Fajri, Hersanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Matematika di sekolah dasar dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan kurang diminati, karena memiliki beragam materi dan rumus – rumus yang harus dipelajari. Dalam penerapannya siswa kelas 6 sekolah dasar kurang memahami materi bangun ruang, karena kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bangun ruang untuk siswa kelas 6 sekolah dasar menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android. Penggunaan teknologi AR dalam penelitian ini akan menggunakan Marker Based Augmented Reality (Marker Based Tracking) yang menggunakan penanda untuk menampilkan objek digital. Metode penelitian yang digunakan pada sistem ini yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang merupakan suatu kerangka kerja untuk pengembangan konten multimedia dan platform Unity 3D untuk pengembangan aplikasi augmented reality. Pengujian aplikasi ini menggunakan black box testing untuk menilai kebutuhan pengguna serta spesifikasi software. Hasil dari pengujian black box testing seluruh menu dan fitur dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan respon yang positif dari siswa kelas 6 sekolah dasar. Selain itu, siswa juga menunjukkan kemudahan dalam memahami materi bangun ruang dan merasa terlibat dalam interaksi dengan aplikasi tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...