JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 4 (2024): JATI Vol. 8 No. 4

PENEMPATAN PRODUK PENJUALAN PADA E-COMMERCE BERBASIS PERILAKU KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT

Naden, Yoga (Unknown)
Sudianto, Sudianto (Unknown)
Athiyah, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Perdagangan elektornik berkembang sangat pesat pada era modern seperti sekarang ini, yang menjadi faktor utama berkembangnya perdagangan elektronik adalah masyarakat modern yang lebih suka belanja secara daring karena dianggap lebih efisien dibandingkan dengan pasar tradisional. Padatnya persaingan perdagangan elektronik menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis, maka dibutuhkan strategi untuk meningkatkan penjualan, dengan memanfaatkan tata letak produk yang baik dapat meningkatkan penjualan dan mempermudah konsumen menemukan barang dan layanan atau jasa yang mereka cari. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menganalisa perilaku konsumen, dengan menganalisa perilaku konsumen kita dapat menentukan strategi penjualan berdasarkan data transaksi penjualan untuk mencari barang apa saja yang dibeli pada waktu yang sama pada satu keranjang belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antar barang dengan menggunakan metode Market Basket Analysis dan algoritma asosiasi untuk menemukan hubungan pada tiap item yang dibeli secara bersamaan menggunakan data berdasarkan perilaku konsumen dengan mencari nilai support, confidence, dan lift. Dengan menggunakan data transaksi berdasarkan perilaku konsumen ditemukan hubungan yang kuat antara Travel Voucher, Travel Case Game dan Casing & silicon game console ditemukan nilai confidence sebesar 100% dan nilai support sebesar 2%. Hasil analisa yang ditemukan kemudian dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat desain tata letak produk sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan pada e-commerce Tokopedia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...