PDAM merupakan sebuah Perusahaan air, di Kabupaten Maluku Tenggara sendiri PDAM dengan nama Permuda Tirta Evav. Permasalahan yang terjadi adalah pembayaran pelanggan dimana proses pembayaran masih dilakukan di kantor PDAM yang diharuskan orang pedesaan harus ke kantor, dengan begitu memakan waktu perjalanan dan juga antri dikantor oleh sebab itu perancangan UI/UX aplikasi merupakan sebuah ide yang mampu membantu para pelanggan melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja tanpa harus memakan banyak waktu. Perancangan dalam penelitian menggunakan metode design thinking sebagai langkah-langkah dalam perancangan serta metode perhitungan System Usability Scale sebagai uji coba untuk mendapatkan konfirmasi kelayakan guna. Dari hasil uji coba SUS didapatkan hasil skor akhir berada pada angka 88 masuk pada kategori “Acceptable”, dengan grade scale “A+”, dan rating berada pada “Best Imaginable”. Dengan hasil tersebut perancangan ini telah terkonfirmasi baik dan memenuhi keinginan pengguna.
Copyrights © 2024