JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 4 (2024): JATI Vol. 8 No. 4

PERANCANGAN SISTEM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DESA LIMUSNUNGGAL BERBASIS WEB

Firaldi, Ilhan (Unknown)
Purnamasari, Intan (Unknown)
Mayasari, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Layanan pengaduan masyarakat memungkinkan warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan memantau kinerja instansi pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan layanan pengaduan di desa Limusnunggal menggunakan metodologi System Development Life Cycle (SDLC) dengan model prototipe. Penelitian ini bertujuan untuk merancang layanan pengaduan masyarakat yang efektif dan memudahkan masyarakat dalam melaporkan masalah serta memberikan umpan balik kepada pihak berwenang. Selama tahap pembuatan prototipe, sistem awal dikodekan dan disajikan kepada calon pengguna untuk mendapatkan masukan yang akan digunakan untuk penyempurnaan sistem. Tahap pengembangan berbasis umpan balik mengevaluasi dan memperbaiki prototipe sesuai dengan masukan yang diterima. Akhirnya, tahap pengujian dilakukan melalui pengujian black box, yang menunjukkan bahwa 34 dari 34 skenario berfungsi dengan baik, dan pengujian dengan beta testing yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 93,8%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Baik."

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...