UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sektor pangan pokok adalah jenis usaha kecil yang bergerak di bidang perdagangan bahan pokok. UMKM sektor pangan pokok dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat lokal dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Mini Market Hugo adalah mini market yang menyediakan sebuah tempat dimana konsumen dapat membeli barang sehari-hari tanpa harus pergi ke pasar tradisional atau hypermarket. Namun, terdapat permasalahan muncul pada Mini Market Hugo ini yaitu permasalahan tata letak pada sektor bahan pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan Algoritma Apriori pada pengoptimalisasi layout produk agar penempatan barang yang strategis, tampilan yang menarik, dan kemudahan akses jangkauan produk untuk meningkatkan daya tarik minat beli para konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Cross Industry Standard for Data Mining (CRISP-DM). Hasil dari penelitian ini mendapat 8 aturan yang baru pada teknik asosiasi menggunakan Algoritma Apriori. Dengan hasil tersebut hasil semua aturan memiliki nilai lift ratio yang lebih dari sama dengan satu. Jenis produk “MAKANAN” akan menjadi sebuah pusat utama untuk melakukan strategi penataan tata letak pada jenis produk yang ada di Minimarket Hugo dengan dikuatkan dari hasil transaksi dari jenis produk “MAKANAN” ini, dimana terdapat 42.2261% produk yang terjual.
Copyrights © 2024