Fenomena masalah yang diangkat yaitu pertama, Persepsi dan Tingkat Kepuasan serta Penerimaan Aplikasi Oleh Pengguna yang Bervariasi terhadap teknologi IKD. Kedua, Kualitas Layanan pada menu aplikasi yang masih belum lengkap guna memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna. Ketiga, Masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui aplikasi ini karena masih kurang luasnya sosialisasi dari dinas Dukcapil Kabupaten HSU. Keempat, Teknologi IKD hanya bisa diakses oleh HP berbasis Android Minimal 5.0 atau IOS 11.0 keatas. Kelima, Aplikasi IKD hanya bisa dilakukan di Dinas Dukcapil setempat karena Aktivasi tidak bisa dilakukan secara mandiri di tempat lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe Penelitian Survey. Rumus untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga didapatlah hasil 75 orang responden. Teknik pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner (Angket), observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan skor dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh efektivitas aplikasi IKD terhadap kepuasan pengguna pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam kategori kuat, ini terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana didapatkan nilai Y = 6,339 + 0.692X, itu artinya setiap kenaikan 1% dari tingkat Pengaruh Efektivitas Aplikasi IKD (X) maka kepuasan pengguna (Y) akan meningkat sebesar 0,692.
Copyrights © 2024