Produk truk Hino merupakan produk kendaraan yang sudah sering di gunakan masyarakat untuk mendukung bisnisnya khususnya di kalangan pengusaha. Tingkat pertumbuhan penggunaan kendaraan truk di jalan raya didominasi oleh produk truk merk Hino, kendati terdapat berbagai merk kendaraan truk yang ada di Indonesia. Dari permasalahan tersebutlah penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Promosi, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Metode analisa penelitian ini menggunakan pendekatan kausalitas deskriptif, sampel yang diambil merupakan pelanggan pengguna truk Hino yang masih memakai produk truk Hino tersebut dengan metode random sampling sebanyak 104 responden, teknik analissis data penelitian menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengaruh Promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan hal ini karena Produk Truk Hino merupakan merek kendaraan truk yang sudah sangat familiar dimasyarakat Indonesia khususnya di kalangan pengusaha dengan ketenarannya yang kuat dan produk yang handal serta modelnya yang tidak membosankan. Sedangkan pengaruh kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas produk adalah suatu hal yang sangat utama dan merupakan metode yang tepat dalam mempertahankan kepercayaan konsumen pada produk yang dijual. Pengaruh harga pada produk truk Hino juga berpengaruh signifikan, hal ini didasarkan pada harga produk Hino yang sudah dikenal bersaing oleh pelanggan dan citra merek yang sudah dipercayai oleh konsumen dalam waktu panjang, sehingga minat beli kembali didasarkan atas kepercayaan harga yang bersaing dan citra merek loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2024