Komunikasi interpersonal terjadi secara langsung antara dua orang atau lebih. Pengirim dapat mengirimkan pesan secara langsung, dan penerima dapat menerima dan merespons pesan tersebut secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan di PT. WSSL Surabaya, dan bagaimana hal ini berdampak pada efisiensi kerja karyawan. Studi ini menemukan, melalui pendekatan kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan observasi, bahwa komunikasi yang efektif antara atasan dan bawahan sangat penting untuk meningkatkan motivasi, semangat kerja, dan kolaborasi di dalam organisasi. Komunikasi yang efektif dipengaruhi oleh hal-hal seperti keterbukaan, kepercayaan, dan saling menghargai. Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dapat membantu mencapai tujuan organisasi dengan membuat karyawan lebih memahami dan lebih terlibat dalam tujuan perusahaan. Pemimpin yang aktif mendengarkan dan memperhatikan apa yang dibutuhkan pekerja mereka dapat membantu menciptakan tempat kerja yang menyenangkan dan produktif serta meningkatkan kesetiaan karyawan. Oleh karena itu, disarankan agar atasan dan bawahan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka melalui pelatihan komunikasi interpersonal untuk membantu keberhasilan organisasi secara keseluruhan.
Copyrights © 2024