Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen generasi zilenial dalam tren pembelian Iphone dalam tinjauan maqashid syariah. Objek penelitian ini dalam generasi zilenial yang ada di Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepadda 4 informan yang memenuhi kriteria. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masing-masing informan walaupun berasal dari satu generasi yaitu Zilenial tetapi memiliki motif dan perilaku yang berbeda-beda dalam membeli Iphone dengan berbagai type. Cara mereka memanfaatkan Iphone miliknya juga pada kegiatan yang bermacam-macam. Alasan pokok membeli mereka sama dalam membeli Iphone yaitu karena fitur kamera dan penyimpanan yang besar. (2) Penggunaan Iphone jika dilihat dari persepektif maqashid syariah masih belum tercapai dikarenakan ada beberapa hal yang bertentangan seperti penggunaan Iphone untuk kegiatan yang bertentangan denga Islam serta terdapat unsur pemborosan (ishraf), beberapa indicator telah memenuhi maqashid syariah namun perlu adanya pemaksimalan dalam menggunakan barang tersebut dengan mengutamakan maslahah hingga dapat mencapai falah. (3) Perlu adanya pengembangan karakter muslim dalam memanfaatkan barang sehingga dapat menjadi wadah untuk mendapat pahala dan baik hidupnya baik itu di dunia maupun di akhirat.
Copyrights © 2024