INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Analisis Sentimen Mengenai Produk Inovasi Invisible TV Menggunakan Algoritma Naïve Bayes

Lestari, Sri (Unknown)
Febryanti, Maryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Televisi merupakan salah satu sumber informasi utama bagi Masyarakat, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini hadir inovasi baru, Invisible TV, sebuah produk yang memperkenalkan konsep televisi menjadi transparan. Peluncuran produk ini menimbulkan reaksi beragam dari publik di media sosial pada platform YouTube. Masyarakat memberikan opini mereka melalui kolom komentar, hal ini memicu pro dan kontra. Oleh karena itu, diperlukan analisis sentimen untuk memahami dan menginterpretasikan pandangan masyarakat terhadap inovasi Invisible TV, lebih cenderung positif atau negatif. Analisis sentimen YouTube adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi pendapat atau sentimen seseorang dalam komentar di platform tersebut, Dalam penelitian ini, Peneliti mengimplementasikan pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Dengan final data di proses sebanyak 2186 data menggunakan Algoritma Naïve Bayes, hasil Sentimen menunjukkan 28,41% bersentimen positif yang berjumlah 621 data sedangkan 71.59% bersentimen negatif yang berjumlah 1565 data, dengan hasil akurasi sebesar 98.90%. Berdasarkan analisis menggunakan aplikasi RapidMiner, tingginya sentimen negatif menandakan ketidaktertarikan masyarakat terhadap inovasi Invisible TV.

Copyrights © 2024