INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Pola Pembelian Konsumen Di Marketplace Shopee Jaktimstore

Marindah, Marindah (Unknown)
Setiawan, Kiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet membawa dampak signifikan pada perilaku konsumen, terutama dalam hal bertransaksi. Jaktimstore belum memanfaatkan data transaksi penjualan. Data tersebut hanya disimpan dan tidak digunakan untuk membuat strategi pemasaran. Akibatnya, toko tidak dapat mengetahui barang apa yang paling diminati oleh pelanggan. Dan terjadi kesulitnya dalam menentukan pengaturan promo paket diskon antara satu item produk dengan item produk lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merekomendasikan produk kepada pembeli guna meningkatkan jumlah penjualan. Pada metode penelitian melibatkan pengumpulan data kualitatif melalui observasi dan wawancara, serta pengolahan data transaksi dari Desember 2023 hingga Mei 2024 menggunakan metode CRISP-DM. penelitian ini menunjukkan bahwa dengan minimum support 20% dan minimum confidence 80%, dihasilkan 53 aturan asosiasi. Dapat disimpulakan bahwa algoritma Apriori efektif untuk mengidentifikasi hubungan produk, yang dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pelanggan guna meningkatkan penjualan​

Copyrights © 2024