Karangsari merupakan desa yang ada di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Rendahnya budaya literasi pada anak di Desa Karangsari menjadi permasalahan utama yang perlu dikaji. Hal ini disebabkan karena kurangnya peran orang tua dalam membiasakan budaya literasi sejak dini dan kurangnya dukungan dari pemerintah desa yang belum mendirikan gerakan literasi pada anak serta karena terbatasnya fasilitas perpustakaan di beberapa sekolah. Oleh karena itu, Ruang Belajar Aqil sebagai salah satu perkumpulan yang ada di Kota Malang bergerak dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui program pemberdayaan masyarakat berupa penguatan literasi pada anak. Adapun program literasi yang diselenggarakan antara lain gelar baca, literasi numerasi, literasi finansial dan literasi digital. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi program pemberdayaan masyarakat melalui penguatan literasi pada anak di Desa Karangsari. Metode dalam penulisan ini menggunakan Participatory Rulal Appraisal (PRA). Metode yang menekankan keterlibatan partisipasi aktif masyarakat secara langsung dalam keseluruhan proses kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tahap awal perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Implementasi program penguatan literasi pada anak telah terlaksana dengan baik dan memberikan perubahan positif dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di Desa Karangsari..
Copyrights © 2024