Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, disposible income, dan tingkat pengetahuan terhadap minat menabung nasabah di BMT Surya Raharja Cabang Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Responden yang digunakan adalah nasabah BMT Surya Raharja Cabang Bungah dengan populasi 1.576, sedangkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknk Probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian secara simulta menunjukkkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, disposible income, dan tingkat pengetahuan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah yang diperoleh hasil penelitian F hitung 56,296 > F tabel 2,70 dengan nilai sig 0,00 < 0,05. Hasil penelitian dalam Uji t menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan sigifikan terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 3,755 > dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien 0,319. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 3,375 > dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,250. Disposibel income tidak berpengaruh terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 1,621 < dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,108 > 0,05 dan nialai koefisien sebesar 0,221. Tingkat pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 1,201 < dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,233 > 0,05 dan niali koefisien sebesar 0,169.
Copyrights © 2024