Jihbiz: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol 8 No 2 (2024)

Religiosity and Consumer Acceptance of the Use of Islamic Digital Banking Services in Indonesia: An Extension of the UTAUT Model

Muttaqin, Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Dunia perbankan merespons konsep SDG’s dengan konsep Green Banking. Implementasi Green Banking menjadi tuntutan era saat ini salah satunya dengan menerapkan Digital Banking, baik Layanan Digital maupun Bank Digital yang sudah mulai ada di Indonesia. Pengukuran penerimaan layanan digital dapat merujuk pada teori UTAUT, pada perbankan syariah diduga religiositas turut andil dalam perilaku pengguna layanan digital. Riset ini dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data diambil dengan menyebarkan kuesioner didapatkan 186 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM dibantu software IBM SPSS AMOS 21. Hasil menunjukkan bahwa harapan kinerja, harapan usaha, dan kondisi fasilitas tidak memiliki pengaruh berarti terhadap minat menggunakan, sedangkan variabel pengaruh sosial, minat menggunakan, dan religiositas terbukti berpengaruh dengan arah koefisien positif. Hasil penelitian merekomendasikan agar perusahaan fokus terhadap strategi pemasaran dengan memanfaatkan pengaruh sosial pada komunitas masyarakat serta terus meningkatkan minat masyarakat melalui promosi dan aktivitas pemasaran yang lainnya. Tak penting sisi religiositas dari nasabah juga perlu diperhatikan mengingat hal tersebut memiliki andil dalam perilaku penggunaan layanan digital bank syariah di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIHBIZ: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking has a focus study on Islamic economics, Islamic finance, and Islamic banking. While the scope of studies in this journal includes: Islamic Economics: Islamic economics thought, national Islamic economy strategies, the ecosystem of shariah ...