Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengembangkan pariwisata berbasis industri kreatif batik di Desa Telaga Biru berdasarkan teori pembangunan ekonomi. Desa Telaga Biru memiliki potensi yang besar namun belum di kembangkan secara optimal maka diperlukan strategi yang diperoleh dari analisis faktor internal dan eksternal untuk mengembangkan potensi desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat studi kasus dan menggunakan analisis SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, serta kuesioner. Data diolah dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan pariwisata berbasis industri kreatif batik di Desa Telaga Biru masih belum optimal. Dari hasil perhitungan faktor internal dan faktor eksternal diperoleh strategi SO, strategi WO, strategi ST, dan strategi WT. Penentuan posisi strategi dilakukan dengan memadukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Posisi strategi pengembangan pariwisata berbasis industri batik di Desa Telaga Biru yang diperoleh berada pada kuadran SO (Strenght-Opportunity). Strategi SO berarti memanfaatkan kekuatan dan menangkap peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Kata kunci: Pariwisata, industri kreatif, batik, strategi, SWOT
Copyrights © 2024