Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 3, No 3 (2024): June

Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Teluk Tomini: Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMP Melalui Pendekatan Kolaboratif

Husain, Nurlaila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan menggunakan pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada materi teks deskriptif bahasa Inggris untuk siswa SMP di kawasan Teluk Tomini. Melalui serangkaian kegiatan yang mengintegrasikan kearifan lokal, seperti pengenalan konsep, dan aktivitas kelompok, metode ini berhasil menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan tidak hanya dalam kemampuan bahasa Inggris siswa, tetapi juga dalam rasa percaya diri dan motivasi belajar mereka. Siswa mampu menghasilkan teks deskriptif yang lebih kaya dan terperinci, dengan penggunaan kosakata yang tepat dan struktur kalimat yang lebih kompleks. Lebih dari itu, pendekatan ini berhasil menjembatani kesenjangan antara pembelajaran bahasa asing dan identitas lokal siswa, membuka jalan bagi pengembangan metode pengajaran bahasa yang lebih efektif dan relevan di masa depan. 

Copyrights © 2024