Penelitian ini bertujuan yakni melihat pengaruh dari biaya produksi serta promosi pada laba yang ditinjau secara parsial ataupun simultan dan digunakan di dalam menentukan variabel manakah yang paling menonjol pada laba. Kuantitatif ialah metode yang dipakai di dalam penelitian ini. Kemudian, sampel penelitian ini ialah perusahaan manufaktur sebanyak 51 yang telah tercatat di BEI periode 2017-2021 serta menggunakan laporan tahunan yang berupa biaya promosi, laba bersih, biaya produksi sejumlah 255 data. Pengujian asumsi klasik, pengujian linier berganda, pengujian signifikansi t dan F serta statistik deskriptif merupakan teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitiannya memperlihatkan jika secara simultan serta parsial biaya promosi dan produksi memiliki pengaruh pada laba. Kemudian hasil penelitian selanjutnya memperlihatkan bahwa biaya promosi ialah variabel yang memberikan pengaruh paling dominan pada laba.
Copyrights © 2023