Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 8 No. 4 (2024): Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Increasing High School Students' Digital Literacy Through Interactive Learning: Peningkatan Literasi Digital Siswa SLTA Melalui Pembelajaran Interaktif

Eko Sediyono (Unknown)
Tintien Koerniawati (Unknown)
Zamsuri, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Naskah ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan masyarakat literasi digital di SLTA di kota Salatiga. Sebelum pelaksanaan kegiatan telah disusun buku ajar Literasi Digital di Era Industri 4.0 dan Sosial 5.0. Materi dibagi menjadi dua sesi dan diajarkan kepada siswa di tiga sekolah di Salatiga. Tiap sekolah dipilih 50 siswa kelas 11. Metode pengajaran yang digunakan adalah metode interaktif dalam 2 sesi selama empat bulan untuk tiap sekolah. Sebelum dan setelah pembelajaran dilakukan uji pre-test dan post-test yang berisi soal-soal pemahaman tentang pengetahuan yang ada di buku ajar yang disiapkan. Nilai pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji t untuk sampel berpasangan. Hasilnya metode pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan literasi siswa SLTA di kota Salatiga. Buku ajar dan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilanjutkan untuk mempersiapkan para siswa memasuki perguruan tinggi, yang dapat mengakses berbagai sumber digital secara benar dan aman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dinamisia

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Jurnal Dinamisia is a National Journal based on the results of Community Service Activities in Applied Science and Social ...