SUMUR ( Jurnal Sosial Humaniora)
Vol. 2 No. 2 (2024)

Pengaruh Iklan di Youtube Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi (Studi Pada Gofood): (Studi Pada Gofood)

Suci Shinta Lestari (Unknown)
Muhammad Arif (Unknown)
Muhammad Hanif Ahda (Unknown)
Ramadhani Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui bagaimana pengaruh iklan GoFood di YouTube terhadap minat penggunaan aplikasi GoJek pada mahasiswa Universitas Abdurrab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan menggambarkan sebuah fenomena iklan GoFood di YouTube. Adanya frekuensi dari hasil google form pra-riset data mahasiswa Universitas Abdurrab yang sering melihat iklan GoFood di YouTube berjumlah 44 mahasiswa. Terdiri dari 6 mahasiswa sangat sering melihat iklan GoFood di YouTube, 20 mahasiswa sering melihat iklan GoFood di YouTube dan 18 mahasiswa jarang melihat iklan GoFood di YouTube. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin dalam menentukan sampel. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling kuota yang dimana merupakan bagian dari unsur nonprobabilitiy. Hasil sampel ini ditemukan sebanyak 100 orang yang diambil dari jumlah populasi mahasiswa aktif Universitas Abdurrab semester genap 2021/2022 sebanyak 2.420 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket (google form). Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian dapat dijelaskan bahwa besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0.806 dari output tersebut determinasi (R Square) sebesar 0.650 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (X) terhadap varibael terikat (Y) adalah sebesar 65%. Artinya H1 diterima H0 ditolak (Iklan GoFood di YouTube memberi pengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi GoJek pada mahasiswa Universitas Abdurrab).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sumur

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

SUMUR - Jurnal Sosial Humaniora diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal sosial humaniora adalah sebagai sarana untuk ...