Waralaba telah berkembang pesat di Indonesia seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tingginya minat masyarakat untuk menjadi pengusaha. Dalam empat tahun terakhir sejak 2018, persaingan bisnis di Indonesia menunjukkan perkembangan signifikan dan dinilai berada di level 4,81 pada 2021. Dalam konteks bisnis modern, perusahaan perlu memahami bahwa pelanggan bukan hanya konsumen yang mencari produk atau layanan berkualitas, tetapi mereka juga mencari nilai tambah, hubungan yang baik, dan keterlibatan dengan merek. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Strategi Marketing Public Relations Mcdonald's Harapan Indah Bekasi Dalam Upaya Mempertahankan Pelanggan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan strategi pemasaran dan lokasi yang dipilih menjadi faktor kunci dalam persaingan bisnis di industri makanan cepat saji. Diskon dan kerja sama dengan Bank dalam metode pembayaran merupakan strategi yang digunakan untuk menarik pelanggan, dan pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi dan rasa peduli terhadap kebutuhan pelanggan adalah inti dari strategi marketing public relations untuk mencapai pasar yang dituju
Copyrights © 2024