YUME : Journal of Management
Vol 7, No 2 (2024)

Pengaruh Pemasaran Langsung Dan Harga Terhadap Perilaku Konsumen Bisnis Di Grand Toserba Pengayoman Makassar

Mandung, Fitriani (Unknown)
Amra, Hj.Wahida (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemasaran Langsung dan Harga terhadap Perilaku Konsumen Bisnis  di Grand Toserba Pengayoman Makassar. Responden dari penelitian ini adalah 44 orang konsumen yang dipilih dengan teknik simple random sampling berdasarkan pelanggan yang belanja di Grand Toserba empat minggu berturut- turut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei, kuesioner dan wawancara. Hasil uji validitas dan reliabilitas variabel X dan Y adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji statistik koefisien korelasi pearson product moment dan koefisien determinasi. Perhitungannya menggunakan SPSS Versi 21. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari data konsumen Grand Toserba Pengayoman Makassar. Dari hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,633. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara Pemasaran Langsung dan harga terhadap Perilaku Konsumen Bisnis. Pengaruh Pemasaran Langsung dan harga terhadap Perilaku Konsumen Bisnis adalah sebesar 80,0% sedangkan sisanya 20,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kendala yang terjadi diantaranya adalah persaingan antar Toserba yang sangat ketat, kurang koordinasi antar sales. Maka saran yang diberikan untuk memperbaiki kendala tersebut adalah 1) melakukan promosi yang lebih baik agar menarik perhatian Pelanggan; 2) diadakannya evaluasi antara Manajer dan Sales khususnya di Divisi Sales dan Marketing; 3) Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan  Toko  agar lebih Maksimal utamanya terkait perubahan harga. Kata Kunci: Pemasaran Langsung, Harga  dan Perilaku Konsumen Bisnis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...