YUME : Journal of Management
Vol 7, No 1 (2024)

Pengaruh Iklan, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Belanja Online Di Shopee

Aningsih, Reni (Unknown)
Eko Broto, Bayu (Unknown)
Melia, Yona (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh iklan, harga, kualitas produk dan promosi terhadap minat beli konsumen dalam belanja online di Shopee”. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee pria dan wanita dari usia 16 tahun yang pernah melakukan transaksi belanja online dengan menggunakan aplikasi Shopee. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara kebetulan. Karena jumlah populasi tidak diketahui dalam penelitian ini, maka digunakan rumus Lumenshaw untuk mendapatkan hasil dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23 dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis parsial dan simultan serta koefisien determinasi (R2). Hasil parsial (Uji T) dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel harga tidak berpengaruh terhadap minat beli. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Secara simultan (Uji F), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen (iklan, harga, kualitas produk dan promosi) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...