Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh intensitas komunikasi guru terhadap pemahaman pelajaran akuntansi pada siswa kelas XII IIS di SMA Negeri 11 Makassar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, penelitian ini melibatkan 45 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket berbasis skala Likert untuk menilai intensitas komunikasi guru dan tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 74%, sementara tingkat pemahaman siswa juga tinggi, yaitu rata-rata 78%. Analisis regresi linear sederhana mengungkapkan pengaruh positif dan signifikan dari intensitas komunikasi guru terhadap pemahaman siswa, dengan koefisien regresi 0,955 dan nilai signifikansi 0,003. Koefisien determinasi sebesar 18,9% menunjukkan kontribusi intensitas komunikasi guru terhadap pemahaman siswa, sedangkan 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya, komunikasi guru yang efektif berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran akuntansi.
Copyrights © 2024