Indonesian Journal of Economics and Strategic Management
Vol. 2 No. 3 (2024): September

PENGARUH GAYA KOMUNIKASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU PADA SDN SETIA ASIH 04 KABUPATEN BEKASI

Febriyanti (Unknown)
Tyna Yunita (Unknown)
Jurnawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Keywords: Gayya Komunikasi, Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru Received : Date, Month Revised : Date, Month Accepted: Date, Month ©2023The Author(s): This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Gaya Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru di SDN Setia Asih 04 Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Teknik yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Teknik pengambilan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis - bootstrapping pada aplikasi Smart Pls. Subjek pelnelitian yaitu SDN Setia Asih 04 Kabupaten Bekasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1.) Gaya Komunikasi memegang pengaruh positif serta signifikan atas Kinerja Guru dimana Gaya Komunikasi memegang nilai t-statistik angka kisaran 2.441 > 1.960 serta dapat dibuktikan melalui nilai p-value yakni 0.015 < 0.05. (2.) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif serta signifikan atas Kinerja Guru dengan nilai p-value yakni 0,000. Disebabkan standar tingkat p- values yakni 0,000 < 0.05 serta sesuai nilai t-statistik yakni 7.114 > 1.960 (3.) Gaya Komunikasi terhadap Kecerdasan Emosional berpengaruh positif serta signifikan dengan nilai p-value yakni 0.000. Disebabkan standar tingkat p-value yakni 0.000 < 0.05 serta sesuai nilai t-statistik yakni 18.690 > 1.960. (4.) Gaya Komunikasi terhadap Kinerja Guru yang dimediasi oleh Kecerdasan Emosional berpengaruh positif serta signifikan dengan nilai p-value yakni 0.000. Disebabkan standar tingkat p-value yakni 0.000 < 0.05 serta sesuai nilai t-statistik yakni 6.662 > 1.960 (5) Kinerja Guru sebagai variabel dependen juga dipengaruhi secara signifikan oleh Gaya Komunikasi serta Kecerdasan Emosional selaku variabel independen. Dengan hasil koefisien determinasi yang didapat dari nilai R-Square yakni 0,831.Maknanya dinyatakan kuat bahwa Gaya Komunikasi serta Kecerdasan Emosional mampu mempengaruhi Kinerja Guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijesm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Srategic Marketing; Strategic Human Resources; Strategic Finances; Strategic Operations; Banking; Corporate Finance; Business; Management; Accounting; Auditing; Taxation; Investments; Capital ...