Penelitian ini membahas implementasi Algoritma A* dalam konteks stimulasi kognitif anak usia 5-6 tahun melalui permainan 8 Puzzle. Permainan 8 Puzzle merupakan permainan teka-teki geser yang menuntut pemain untuk menyusun angka dari 1 hingga 8 dalam sebuah kotak berukuran 3x3 dengan satu ruang kosong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji sebuah aplikasi permainan yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak dengan menggunakan Algoritma A*. Algoritma ini dipilih karena kemampuannya dalam mencari jalur terpendek dengan efisien, sehingga dapat memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan kognitif anak-anak. Proses pengembangan aplikasi melibatkan pembuatan antarmuka yang menarik dan ramah anak, serta algoritma yang dioptimalkan untuk memberikan umpan balik langsung kepada pemain. Melalui pendekatan eksperimental, anak-anak diuji sebelum dan sesudah bermain untuk mengukur peningkatan kognitif yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Algoritma A dalam permainan 8 Puzzle secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak usia 5-6 tahun. Temuan ini memberikan wawasan baru mengenai penggunaan teknologi dan algoritma dalam pendidikan anak usia dini, serta membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dari alat bantu belajar interaktif berbasis algoritma. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan awal sangat potensial dalam mendukung perkembangan kognitif anak-anak. Studi ini menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan sejumlah anak sebagai subjek penelitian. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain dengan aplikasi ini menunjukkan peningkatan dalam beberapa aspek kognitif seperti pemecahan masalah, memori, dan logika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Algoritma A* dalam permainan edukatif dapat menjadi alat yang efektif untuk stimulasi kognitif anak usia dini.
Copyrights © 2024