Indonesian Journal of Public Administration Review
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Analisis Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tambaksari dalam Menerapkan Good Governance

Sholiha, Imroatus (Unknown)
Casmiwati , Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Pegawai pemerintah merupakan penggerak utama atas kelancaran kegiatan instansi sebagai pelayan publik. Pemerintah, baik pusat maupun daerah, perlu mengelola pegawai yang ada secara optimal agar tercipta kinerja yang baik. Salah satunya dengan melakukan pengendalian internal serta penerapan prinsip good governance pada instansi tersebut. Selain itu dengan adanya akuntabilitas diharapkan kinerja pegawai dapat meningkat. Karena dalam akuntabilitas, pegawai dihadapkan pada kewajiban yang harus dilaksanakan secara benar dan baik dan dapat mempertanggungjawabkan dari tugas tersebut sesuai dengan kewenangannya. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui akuntabilitas dan pemahaman penerapan prinsip-prinsip good governance terhadap kinerja pegawai. Populasi yang digunakan adalah pegawai di kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya. Hasil pengujian secara parsial memperlihatkan akuntabilitas kinerja dinilai positif terhadap kinerja pegawai. Demikian juga prinsip good governance berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Kondisi ini memperlihatkan semakin baik pengendalian internal dan penerapan prinsip good governance akan semakin meningkatkan kinerja pegawai pada kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

par

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Indonesian Journal of Public Administration Review ISSN 3030-8682 is a scholarly journal that focuses on the study and analysis within the field of Public Administration in Indonesia. This journal aims to serve as a platform for academics, practitioners, and researchers to share concepts, ideas, ...