Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 7 No 2 (2024): Artikel Periode Research Juli 2024

Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan, Dan Harga Terhadap Minat Menggunakan Panel Surya Atap

Dita Fadhila (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Maftukhatusolikhah Maftukhatusolikhah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Peny Cahaya Azwari (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kesadaran lingkungan, iklan ramah lingkungan dan harga terhadap minat masyarakat menggunakan panel surya atap di Kota Palembang, dan melihat apakah kepercayaan konsumen dapat memediasi kesadaran lingkungan, iklan ramah lingkungan dan harga terhadap minat masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan path analysis. Alat analisis menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah tangga PT. PLN ULP Wilayah Rayon Rivai di Kota Palembang. Sampel berjumlah 128 responden yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kesadaran Lingkungan dan harga tidak berpengaruh terhadap Minat Masyarakat namun Iklan Ramah Lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat. Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan dan harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen. Di sisi lain Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat. Selain itu Kepercayaan Konsumen mampu memediasi Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan dan Harga terhadap Minat Masyarakat yang ditunjukkan perhitungan Indirect Effect.

Copyrights © 2024