Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 7 No 2 (2024): Artikel Periode Research Juli 2024

Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan

Asy’ary, Muhammad Hasan (Unknown)
Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy (Unknown)
Anggraini, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Pembiayaan dengan perhatian khusus berpotensi turun menjadi pembiayaan di bawah standar. Oleh karena itu, bank harus bertindak cepat agar pembiayaan tersebut tidak menjadi non-performing. Untuk mengetahui bagaimana PT Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan memasarkan produknya guna meningkatkan profitabilitas pembiayaan kepemilikan menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini membahas mengenai strategi penyelesaian permasalahan pembiayaan. Untuk itu, teori-teori tentang apa yang dimaksud dengan pembiayaan, jenis pembiayaan apa yang bermasalah, bagaimana mengklasifikasikan profitabilitas, apa penyebab pembiayaan bermasalah, cara mengatasi pembiayaan bermasalah, manfaat, dan ciri-cirinya dijadikan sebagai titik tolak. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dan bersifat kualitatif. Topik penelitian ini adalah Bank KCP Syariah Sumut Kota Baru Marelan. Sumber data primer dan sekunder digunakan. Tiga pendekatan digunakan untuk memperoleh data: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan menggunakan penjangkauan nasabah, penagihan yang sering dan intensif, surat peringatan, restrukturisasi, dan eksekusi penjaminan sebagai bagian dari strategi pemasaran produk pembiayaan kepemilikan dalam upaya meningkatkan profitabilitas

Copyrights © 2024