Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis representasi nilai moderasi beragama dalam Capaian Pembelajaran mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah. Penelitian ini menggunakan dua Teknik analisis data, yaitu content analysis dan discource analysis. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Capaian pembelajaran mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah yang terdiri dari fase A sampai fase F (Kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA) terdapat adanya muatan moderasi beragama, baik dijelaskan secara tersurat ataupun secara tersirat, dilihat dari relevansinya dengan indikator moderasi beragama. Hasil penelitian mengenai representasi moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan BP memiliki implikasi yang luas, baik bagi dunia pendidikan, masyarakat, maupun pemerintah. Berikut beberapa implikasi Bagi Dunia Pendidikan: Pengembangan Kurikulum: Hasil penelitian dapat menjadi dasar dalam menyusun atau merevisi kurikulum PAI dan BP agar lebih menekankan pada nilai-nilai moderasi beragama. Materi pembelajaran dapat dirancang lebih kontekstual dan relevan dengan isu-isu keagamaan kontemporer. Peningkatan Kompetensi Guru: Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan program pelatihan guru PAI, sehingga guru memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep moderasi beragama dan mampu mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran. Pengembangan Bahan Ajar: Hasil penelitian dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih variatif dan menarik, seperti buku teks, modul, atau media pembelajaran digital, yang memuat nilai-nilai moderasi beragama.
Copyrights © 2024