Kualitas pelayanan sangat berpengaruh dalam dunia bisnis karena akan berdampak pada citra perusahaan. Dalam usaha jasa sewa mobil Princess Rental Car terdapat permasalahan terkait pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan seperti respon terhadap kebutuhan yang diperlukan konsumen kurang cepat serta jadwal sewa yang tidak terorganisir yang mengakibatkan ketidaksesuaian antara permintaan dan jumlah mobil yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan strategi kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang memengaruhi bisnis sewa mobil Princess Rental Car. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari hasil wawancara dan observasi yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan alat analisis SWOT. Hasil penelitian dan analisis matriks IFE dan EFE didapatkan Strengths dan Opportunities (SO) sebesar 5,44, Strengths dan Threats (ST) sebesar 3,65, Weaknesses dan Opportunities (WO) sebesar 3,20, Weaknesses dan Threats sebesar 1,41. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Princess Rental Car berada pada posisi Kuadran I, di mana sumbu x = 2,25 dan sumbu y = 1,79 dan mendukung strategi agresif (positif-positif) yang memungkinkan untuk terus melakukan kegiatan, memperbesar pertumbuhan dan perkembangan bisnis dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada.
Copyrights © 2024