Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA NOMINAL CAFE

Rani Wahyuni (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma)
Sixson Roberto Simangunsong (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen kualitas pelayanan dan produk terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan menggunakan metode analisis data menggunakan uji T dan uji F. Data yang terkumpul diolah dan diuji untuk menilai signifikansi pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, dengan nilai uji t sebesar 2,686 yang lebih besar dari ttabel sebesar 0,198 dan nilai signifikansi 0,009 yang lebih kecil dari α 0,05. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel produk juga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, dengan nilai uji t sebesar 18,242 yang lebih besar dari ttabel sebesar 0,198 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari α 0,05. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa baik variabel kualitas pelayanan maupun variabel produk berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman hubungan antara variabel-variabel tersebut dan implikasinya bagi bidang studi yang relevan.

Copyrights © 2024