Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENYULUHAN PERPAJAKAN PENERAPAN SISTEM ELEKTRONIK PERPAJAKAN DAN PENERAPAN TAX PENALTY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KPP PRATAMA JAKARTA CAKUNG

Andari Nabila Iskandar (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, penyuluhan perpajakan, penerapan sistem perpajakan elektronik, dan penerapan tax penalty terhadap kepatuhan perpajakan di KPP Pratama Jakarta Cakung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Cakung. Metode yang digunakan dalam penyebaran kuesioner adalah convenience sampling dengan batasan kriteria wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Cakung dan pernah menggunakan sistem perpajakan elektronik. Responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 100 responden dengan diberikan kuesioner online (Google Forms) dan hasil jawaban responden diolah dan dianalisis dengan metode analisis linear berganda dengan SPSS sebagai alat penganalisis. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan, penerapan sistem elektronik perpajakan, dan penerapan tax penalty berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan penyuluhan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan perpajakan.

Copyrights © 2024