Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

Peran Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Sidoarjo Pada Merek 3second Di E-Commerce

Achmad Zilmam Sadad Abu Kautsar (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Lilik Indayani (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Dewi Komala Sari (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat di era modern ini tergambar dari banyaknya layanan daring yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu hadirnya pasar daring dan perdagangan elektronik (e-commerce). Kemunculan e-commerce perlahan merubah aktivitas perniagaan antara penjual dan pembeli, dari awalnya berjalan dengan tatap muka berubah menjadi daring. Hal ini juga berlaku pada produk fashion. Namun dari melonjaknya pemakaian e-commerce terutama di Indonesia, masih ada sejumlah problem pembeli yang lebih memutuskan melaksanakan pembelian dengan tatap muka dibanding online, semua terjadi karena beberapa alasan dari ketika membeli dengan tatap muka barang bisa dirasakan dan diterima dengan kontan, masalah keamanan data pribadi, hingga keterlambatan dan ketidaksesuaian barang yang diterima. Penelitian ini bermaksud agar memahami bagaimana peran Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Brand Image terhadap keputusan pembelian masyarakat Sidoarjo pada merek 3second di e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data primer. Informan dari penelitian ini dipilih melalui rumus Lemeshow yang menghasilkan informan sejumlah 96 responden. pengujian penelitian ini memakai analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji relibilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan jika ketiga variabel yaitu Digital Marketing, Word Of Mouth, dan Brand Image berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada merek 3second.

Copyrights © 2024