Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

STRATEGI PENGUNGKAPAN KASUS PHISHING: STUDI KASUS DI INDONESIA

Maharlina Darni Purwandari (Universitas Islam Indonesia)
Andi Urfia Awaliah (Universitas Teknologi Sulawesi)
Bachrudin K. Una (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Hendi Yogi Prabowo (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Phishing merupakan salah satu kasus dalam cybercrime yang menyerang korban saat mengakses media social ataupun aplikasi online. Pelaku phishing mampu memanipulasi identitias yang menyebabkan sulit dideteksi oleh korban maupun kepolisian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam mengungkap kasus phishing. Menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan dari informan kemudian dikelompokan, decoding, dan disajikan hasilnya menggunakan bantuan software NVivo 12 plus. Hasil penelitian menemukan tiga tahapan pengungakapan kasus phising: Pertama, korban mengajukan laporan pengaduan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda DIY dan mengkomunikasikan kejadikan dengan Siber Subdit V. Kedua, laporan korban jika memenuhi unsur pidana maka ditingkat penyelidikan dilakukan pencairan bukti. Ketiga, bukti terpenuhi dan dilihpahkan ke tahap penyidikan, maka profil pelaku dianalisis, dilacak, ditangkap, ditahan, digeledah, dilakukan penyitaan dan keseluruhan hasil pemeriksaan dilimpahkan berkasnya ke Jaksa Penuntut Umum untuk penuntutan di pengadilan. Peran Polda DIY dalam mengungkap kasus phishing ini dapat menambah literasi masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika berselancar di dunia maya, karena resiko phishing dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan siapa saja berpotensi menjadi korban cybercrime.

Copyrights © 2024