Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN PENILAIAN PASAR TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Albert Loeis (Universitas Prima Indonesia)
Natasya Natasya (Universitas Prima Indonesia)
Tetty Tiurma Uli Sipahutar (Universitas Prima Indonesia)
Ria Manurung (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Dalam sistem keuangan, pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh keuntungan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, dan Penilaian Pasar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Fokus Penelitian pada data kuantitatif, cenderung menggunakan analisis deduktif. Populasi yang akan digunakan sebagai penelitian adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Sampel penelitian sebanyak 33 perusahaan dengan sampel observasi sebanyak 165 data perusahaan. Hasil penelitian adalah Profitabilitas tidak berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Struktur Modal berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Pertumbuhan Penjualan berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Penilaian Pasar tidak berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Profitabilitas, Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, dan Penilaian Pasar berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Kata Kunci : Profitabilitas, Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Penilaian Pasar dan Return Saham

Copyrights © 2024