Pemerintah Desa melalui berbagai strategi telah melaksanakan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Kehadiran program BUMDes tidak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi warga tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah kolaborasi antara BUMDes, ekonomi kreatif, dan pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan BUMDes dengan menerapkan ekonomi kreatif sebagai wadah pembinaan kreativitas masyarakat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, dan pemasaran digital sebagai alat pemasaran produk ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review, dengan mengikuti proses metodologi yang terdiri dari empat tahap yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan pemilihan. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk artikel yang menampilkan 10 judul terkait BUMDes dan ekonomi kreatif, serta 24 judul terkait BUMDes dan pemasaran digital. Secara keseluruhan, BUMDes telah menerapkan ekonomi kreatif sebagai wadah kreativitas, membantu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, dan pemasaran digital sebagai alat pemasaran produk-produk kreatif. BUMDes telah mengembangkan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengelolaan badan usaha, pemanfaatan aset, peningkatan investasi dan produktivitas, penyediaan layanan, dan/atau penawaran berbagai jenis usaha. Penelitian ini mendukung Kebijakan Pembangunan Ekonomi Pemerintah Indonesia yang berfungsi sebagai strategi untuk mewujudkan kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia.
Copyrights © 2024