Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 8 (2024): Action Research Literate

Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Tentang Sistem dan Produk Perbankan Syari’ah

Wahyudin, Asep (Unknown)
Marfuddin, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap sistem dan produk perbankan syariah di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa mengenai sistem dan produk perbankan syariah. Metode penelitian menggambarkan kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada kepala sekolah, guru dan kepada 33 orang siswa Kelas XII SMA PGRI 109 Kota Tangerang. Landasan teori pemahaman mengacu kepada teori Bunyamin S. Bloom yaitu : interprestasi, mencontohkan, mengklasifikasikan, meringkas, menyimpulkan, menjelaskan dan membandingkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang sistem dan produk perbankan syariah secara umum kurang paham. Faktor kurang pahamnya karena penjelasan yang diberikan oleh guru dikelas tidak fokus dengan sistem dan produk perbankan syariah, kurangnya informasi dari media digital, faktor tidak adanya atribut perbankan syariah dilingkungan sekolah dan faktor kurangnya minat atau daya tarik siswa dalam pembelajaran perbankan syariah. Penelitian ini merekomendasikan bahwa sistem dan produk syariah di Indonesia perlu untuk dikembangkan sejak dini dan materi perbankan syariah seyogyanya masuk kedalam kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...