Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No. 2 Juni 2024

ANALISIS PENGARUH PEMANFAATAN FINGERPRINT TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB. PENAJAM PASER UTARA

Muhammad Makmur Hasan (Unknown)
Elvin Leander Hadisaputro (Unknown)
Joy Nashar Utamajaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk analisis pengaruh pemanfaatan fingerprint terhadap peningkatan kedisiplinan pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kab. Penajam Paser Utara Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah pegawai dinas dan diambil sampel sebanyak 38 orang sebagai responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tehnik pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji Analisis Regresi yang didalamnya terdapat hasil uji t dan koefesien determinasi. Berdasarkan dari hasil uji t pada tabel didapat nilai thitung pada variabel pemanfaatan fingerprint terhadap kedisiplinan sebesar 17,177 dan nilai signifikansinya 0,000. Maka nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan perbandingan antara thitung dengan ttabel yaitu 17,177 > 2,026. Hal ini menunjukkan tingkat signifikansi lebih kecil dan juga perbandingan antara thitung lebih besar dari pada ttabel dan bernilai positif, yang berarti pemanfaatan fingerprint berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan pegawai. Dan hasil uji koefesien determinasi di peroleh adjusted R2 ( R Squer) sebesar 0,888 atau 88,8 %. Hal ini menunjukkan bahwa persentase pengaruh pemanfaatan fingerprint terhadap kedisiplinan pegawai sebesar 88,8 %. Sedangkan 11,2 % sisanya di pengaruhi oleh variabel lain

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...