Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganilisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 064981 kecamatan Medan Helvetia. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 064981 yang berada di Medan dan sampel yang digunakan adalah kelas IV B. Penelitian ini menggunakan metode true-experimental dengan desain penelitian pretest-post-test Control Group Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes karangan cerita pendek yang sudah diuji validitas dan reliabilitas pada sig. 0,05. Pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, tes karangan cerita pendek, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini dari perhitungan uji distribusi t yaitu thitung (96.972) dan ttabel (1.729) menunjukkan bahwa Ha dapat diterima. Berdasarkan Kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 064981 kecamatan Medan Helvetia.
Copyrights © 2024