Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS IV SD NEGERI 064981 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2023/2024

Putri, Qhanazsa Ananda (Unknown)
Siregar, Siti Rahmadhani (Unknown)
Sari, Nurmala (Unknown)
Handayani, Sevin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganilisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 064981 kecamatan Medan Helvetia. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 064981 yang berada di Medan dan sampel yang digunakan adalah kelas IV B. Penelitian ini menggunakan metode true-experimental dengan desain penelitian pretest-post-test Control Group Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes karangan cerita pendek yang sudah diuji validitas dan reliabilitas pada sig. 0,05. Pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, tes karangan cerita pendek, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini dari perhitungan uji distribusi t yaitu thitung (96.972) dan ttabel (1.729) menunjukkan bahwa Ha dapat diterima. Berdasarkan Kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 064981 kecamatan Medan Helvetia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...