Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif yang berbentuk buku dan bingkai peraga yang bernama Fun Thinkers Book (FTB). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media Fun Thinkers Book (FTB) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pada penelitian pengembangan ini diukur kelayakan medianya melalui ahli materi dan media. Hasil kelayakan materi sebesar 96% yang artinya materi di dalam media FTB termasuk kategori sangat baik dan kelayakan dari aspek media sebesar 90,9% yang artinya media FTB termasuk kategori sangat baik. Kemudian, keefektifan produk Fun Thinkers Book (FTB) ini menunjukan pada diperoleh hasil uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest yang signifikan, artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book (FTB) efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024