Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidosermo 1 Surabaya, dengan penerapan model belajar kooperatif tipe think pair share (TPS). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidosermo 1 Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dokumentasi dan tes. Penelitian menggunakan tekhnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui hasil presentasi ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 41,67% dengan kategori sangat kurang, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 58,33%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-3 diketahui presentase ketuntasan siswa sebesar 83% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II pertemuan terakhir nilai presentase mencapai 91,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidosermo 1 Surabaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024