Penelitian ini dilakukan di TK IT Karya Mufidah, Desa Langkea Raya. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi seberapa mandiri anak-anak di usia tersebut, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemandirian mereka, dan bagaimana peran guru dalam mendukung perkembangan kemandirian tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti mengamati dan mewawancarai 15 anak dari kelompok B1. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dan pengumpulan dokumentasi terkait. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data secara sistematis, dan penarikan kesimpulan yang logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian anak cukup baik. Kemandirian ini termanifestasi dalam kemampuan mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memerlukan bantuan yang berarti. Peningkatan kemandirian ini didorong oleh motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak termasuk lingkungan belajar yang mendukung, metode pengajaran yang tepat, serta interaksi positif antara guru dan murid. Guru berperan vital sebagai pendidik yang memberikan bimbingan dan motivasi, serta sebagai pembimbing yang mengarahkan anak-anak untuk dapat mengambil inisiatif dan membuat keputusan sendiri. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membina kemandirian anak. Kerjasama ini esensial untuk membentuk kepribadian anak yang kuat dan unggul, siap menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2023