Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 6 No. 2 (2023): Tunas Cendekia

MENDORONG MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI: PENDEKATAN INOVATIF DENGAN MEDIA LOOSE PARTS

Murni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat belajat anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose parts di TK nur Alam Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin. Terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menerapkan proses belajar mengajar menggunakan media loose parts untuk meningkatkan minat belajar anak yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi guru dan anak. Adapun Prosedur penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus pertama setelah diberikan tindakan dipertemuan pertama sampai ketiga, terlihat peningkatan tidak terlalu signifikan yaitu pada siklus I hasil rata-rata presentase 60%. Peningkatan minat belajar anak melalui media loose parts pada siklus I, terdapat 9 orang anak dikategorikan (Berkembang sesuai harapan), 7 orang anak (Mulai berkembang) dan 1 orang anak masih (Belum berkembang). Setelah melakukan tindakan pada siklus II perkembangan anak mengalami peningkatan sebesar hasil rata-rata presentase 85% dengan kriteria berkembang sangat baik (Berkembang sangat baik) ada 14 orang anak dan yang termasuk (Berkembang sesuai harapan) berjumlah 3 orang anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tunascendekia

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

TUNAS CENDEKIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini is a double-blind peer-reviewed open access journal. This journal provides publication of articles covering the results of early childhood education research, including; development of moral and religious values, physical motor ...