Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 5 No. 2 (2022): Tunas Cendekia

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG STIK BERHITUNG DI TK NUR ALAM TAROBOK KABUPATEN LUWU UTARA

Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan Kantong Stik Berhitung di TK Nur Alam Tarobok, Kabupaten Luwu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dicapai melalui media Kantong Stik di TK Nur Alam Tarobok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas B2 TK Nur Alam Tarobok tahun pelajaran 2023/2024, yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kategori perkembangan anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kantong Stik Berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Nur Alam Tarobok. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan berhitung, hasil dari pra-siklus sebesar 30,01%, siklus I sebesar 43,99%, dan siklus II sebesar 76,54%. Dengan demikian, penggunaan media Kantong Stik terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak didik dan dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tunascendekia

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

TUNAS CENDEKIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini is a double-blind peer-reviewed open access journal. This journal provides publication of articles covering the results of early childhood education research, including; development of moral and religious values, physical motor ...