Jurnal Keperawatan Profesional
Vol 12, No 2 (2024): Preventive Measures

Pengaruh Positive Self-talk: Intervensi Melalui Audio-Visual Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja

Putri, Widya Kurnia (Unknown)
Guna, Stephanie Dwi (Unknown)
Rustam, Musfardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Masa remaja merupakan fase dimana perubahan masa kanak-kanak menuju dewasa. Salah satu faktor yang menyebabkan kecemasan pada remaja adalah kecemasan yang dipicu oleh ketidakyakinan akan kemampuan diri untuk mengatasi tugas-tugas akademik. Positive self-talk adalah intervensi dengan cara berdialog dengan diri sendiri menggunakan kalimat positif yang efektif untuk menurunkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Positive Self-talk: Intervensi Melalui Audio-Visual terhadap Tingkat Kecemasan pada remaja di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan desain pretest-posttest with control group. Positive self-talk diberikan melalui audiovisual.  Sampel penelitian berjumlah 32 orang yang terbagi menjadi 16 orang kelompok eksperimen dan 16 orang kelompok kontrol. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah HARS untuk mengukur tingkat kecemasan. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan Uji Dependent T Test dan Uji Independent Sample T Test. Rata-rata tingkat kecemasan remaja setelah diberikan intervensi adalah 17,38 dan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi adalah 21,94. Hasil Uji Independent T Test diperoleh nilai P (0,004) dan hasil Dependent T test p (0,000). Positive Self-talk efektif menurunkan tingkat kecemasan pada remaja yang mengalami kecemasan akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health

Description

Jurnal Keperawatan Profesional is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various contemporary health issues. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, clinical practitioners, and researchers. This journal encompasses ...